UU Pesantren, Santri, dan Pendidikan

UU Pesantren, Santri, dan Pendidikan

Oleh: Muhammad Qorib Hamdani

XI PK A

mengarungi arus demi ketegaran sang santri dalam menghadapi era milenial, hingga rela mengorbankan dirinya demi sebuah ilmu agamis yang seakan-akan lenyap dari muka bumi. awalnya santri hanya dengan pesantren biasa yang seolah-olah tak ada nilai berharga di muka bumi, namun eksistensi RUU pesantren membawa kejayaan bagi santri yang akan membawanya kepada permata dunia.”

Sebuah permata dunia (santri) telah  menjadikannya diakui oleh dunia. Eksistensi UU Pesantren inilah kita sebagai santri telah diangkat derajat dan eksistensi kita dalam bidang pendidikan juga setara dengan anak umum lainnya. Awalnya pesantren dan santri hanya sebagai wadah untuk menguak bidang agama dan tak memiliki pengevaluasian yang nyata.

Eksistensi UU Pesantren banyak membawa perubahan dari santri, selain diakui oleh khalayak umum, juga keilmuan pesantren juga sudah bisa menyatarakan dengan S1, contohnya seperti pondok Sukorejo yang memiliki Ma’had Aly yang sama dengan S1 (pesantrenbalekambang). Dengan hal itu santri tidak lagi minder dalam kancah pendidikan.

Bukan hanya itu, UU Pesantren juga dinilai sebagai bentuk keberpihakan pemerintah terhadap pesantren. Sebagai santri kita harus menyadari tentang keadilan pendidikan di dunia pendidikan di Indonesia, seperti yang dikatakan di atas. Jika kita melihat pesantren dulu pemerintah kurang memerhatikan lembaga pendidikan madrasah dan pesantren terutama dalam hal finansial dan pemberdayaan yang bersifat kelembagaan.

Banyak dari kalangan masyarakat khusunya para kyai banyak yang menyambut dengan baik tentang disahkannya UU Pesantren, alhamdulillah UU Pesantren telah disahkan. Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat adanya UU Pesantren yang membawa kenyamanan bagi santri

Penulis merupakan siswa MA Unggulan Nuris yang menjalankan PAM (Program Abdi Masyarakat) di Pesantren Darul Hidayah, Gambirono Bangsal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *