MOU BLK Komunitas dengan Kementrian Ketenaga Kerjaan

Dalam rangka mendorong percepatan peningkatan kompetensi SDM Indonesia, Hari ini dilakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan Lembaga Penerima Bantuan Balai LatihanKerja (BLK) Komunitas Tahap II Tahun 2019

BLK Komunitas adalah unit pelatihan kerja yang didirikan di lembaga pendidikan keagamaan atau lembaga keagamaan non pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja dan bagi komunitas masyarakat sekitarnya sebagai bekal untuk mencari kerja atau berwirausaha.

Jenis bantuan yang diberikan kepada lembaga penerima bantuan meliputi pembangunan unit gedung workshop, peralatan pelatihan, operasional kelembagaan, program pelatihan bagi peserta pelatihan dan instruktur serta pengelola BLK Komunitas.

Sedangkan kejuruan yang diimplementasikan di BLK Komunitas diantaranya teknik otomotif, teknik las, pengolahan hasil pertanian, pengolahan hasil perikanan, woodworking, teknologi informasi dankomunikasi, menjahit, refrigerationdanteknik listrik, industrikreatifdan bahasa.

BLK Komunitas dihadirkan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan sejak tahun 2017 dengan mendirikan 50 lembaga. Kemudian pada tahun 2018 didirikan 75 lembaga dan pada tahun 2019 akan didirikan 1.000 BLK Komunitas dan melatih 100 ribu orang.

Untuk tahap II ini merupakan kelanjutan dari tahap I tahun 2019, yaitu pemberian bantuan diserahkan kepada 500 lembaga yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah terverifikasi memenuhi persyaratan.

Ini menjadi langkah awal dan komitmen nyata untuk turut serta berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia.

Documentasi

One thought on “MOU BLK Komunitas dengan Kementrian Ketenaga Kerjaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *