Mengapa Tidak Berputar Ke Kiri Saja?

Mengapa Tidak Berputar Ke Kiri Saja?

Oleh: Moch Andre Ferdiansyah

Waktu berdentingan dengan asa yang terus berjalan, membingungkan manusia sekarang dengan ciptaan yang digagas oleh orang dulu. Hanya mengkonsumsi barang yang instan, tak menjadikannya insan yang sebenarnya. Manusia milenial tak kan paham dengan adanya jam yang berputar ke kanan.

Kita sebagai manusia selalu menginginkan sesuatu yang serba instan, tak mau bersusah payah dalam menggagas sebuah karya. Tak seperti manusia dulu yang selalu menggagas sesuatu yang baru dan selalu menjadi orang yang ingin tahu. Mengapa orang dulu dan sekarang jauh berbeda dalam kejiwaannya yang selalu ingin tahu.

Jam. Suatu benda yang sudah disediakan dalam bentuk instan oleh orang dulu yang dipersembahkan kepada manusia sekarang, karena orang dulu telah bersusah payah menemukan benda jam tersebut. Manusia sekarang banyak acuh tak acuh bagaimana history benda yang telah dipakainya, salah satunya jam.

Kalian Ingin Memendam Amarah, Yuk Baca Tips di Bawah Ini!

Jam adalah benda yang selalu kita lihat dimana kita berada. Komponen-komponen jam secara umum yang kita ketahui yaitu jarum, jarum jam, jarum menit, dan jarum detik. Jika kita hanya mengtahui jam secara umum, kita tidak akan tahu bagaimana history atau sejarah mengapa jarum jam berputar ke kanan.

Disini penulis akan membahas bagaimana history jarum jam yang berputar ke kanan secara gamblang dan komplit. Mengapa jarum jam tidak berputar ke kiri? Apakah ada relasi antara jam dan matahari yang berputar mengelilingi bumi dari timur ke barat? Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

Renang Dalam Segi Medis, Agamis dan Hukum Perempuan Berenang Menurut Kacamata Islam

Sebelum manusia menemukan jam analog dan digital, orang-orang terdahulu memanfaatkan matahri sebagai penunjuk waktu. Karerna dulu mau menemukan jam itu sangatlah sulit, jadi orang-orang terdahulu menggunakan matahari. Pada thun 2000 sebelum masehi, jam matahri dibuat dengan menancapkan tongkat panjang ke tanah, posisi bayangan itulah yang menjadikan patokan waktu.

Alasan jarum jam berjalan ke kanan salah satunya adalah mengikuti bayangan di bumi bagian utara. Matahri terbit dari timur melewati selatan dan yang terakhir menyembunyikan dirinya di balik bumi. Timur ada di sebelah kanan, sedangkan barat ada di sebelah kiri. Di pagi hari bayangan kita berada di sebelah kiri, karena sinar matahari dating dari sisi timur (kanan). Di sore hari bayangan kita berada di sebelah kanan, karena sinar matahari dating dari isis barat (kiri). Bayangan itulah yang menjadi patokan putaran arah jarum jam yang menjadi putaran dari kiri ke kanan. Itulah penjelasan mengapa arah jarum jam berputar ke kanan.

penulis merupakan siswa kelas VIII SMP Islam Darul Hidayah 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *