Gapai Sukses Melalui Literasi

Gapai Sukses Melalui Literasi

Oleh: Muhammad Qorib Hamdani

”Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena buku aku bebas.”

(M. Hatta)

Kata yang selalu dibawa oleh seorang jurnalis, dimanapun ia berada selalu memgang teguh prinsipnya. Berani, tegas, cepat, dan aktual untuk menulis sebuah berita atau peristiwa. Mengapa dia berani melakukan hal seperti itu? Karena ia mempunyai tekad untuk mengungkap sebuah fakta yang aka dibaca oleh netizan luar melalui media massa.

Penulis disini bukan membahas tentang seorang jurnalis dengan kejiwaannya yang berani mengungkap sebuah fakta, tetapi ingin membahas sebuah literasi diantara kata yang akan menjadikan titik koordinat kehidupan yaitu kesuksesan dibalik manfaat literasi.

Secara umum literasi adalah kegiatan membaca, menulis, membaca dan mendengarkan yang sebagai wadah untuk mendapatkan ilmu. Namun pengertian literasi secara terperinci menurut UNESCO adalah seperangkat keterampilan nyata, khususnya keterampilan kognitif, membaca dan menulis yang terlepas dari konteks, dimana keterampilan itu diperoleh, dan dari siapa memperolehnya.

Tentang kesuksesan semua orang bisa diperoleh dimana saja asalkan dengan tekad yang kuat untuk menumbuhkan sebuah perjuangan yang membuahkan keberhasilan. Apabila kita mengungkap kata sukses secara eksplisit, maka yang akan kita ketahui adalah sebuah literasi, mengapa demikian? Karena menurut fakta yang telah ada, banyak dari pemimpin besar yang memulai kesuksesannya dari dari literasi, lalu apa hubungannya dengan sukses? Sesuai dari definisi literasi adalah sebuah komponen menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara, yaitu sebagai wadah untuk mendapatkan ilmu, maka dari itu pemimpin yang besar pasti dari literasi dan sebuah Negara yang maju adalah Negara yang berliterasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *